Home
Mekatronika
Teknologi Elektromedis
Desain Produk Mekatronika
Program Studi
Dosen
Karyawan
Mahasiswa
Civitas Akademika
Pelatihan
Desain Proses Otomasi
Manufaktur Komponen
Layanan
Pengumuman
Artikel
Penelitian
Download
Info
Kontak
MECBOT
  
Subscribe to Mekatronika Subscribe
 
BERITA KAMPUS

Kamis, 03 Januari 2019 04:23:01
PMSD Robot Competition (MECBOT 2018)

 

Memasuki era revolusi 4.0, teknologi akan memiliki peranan yang sangat penting dan mengusai setiap lini kehidupan manusia. Menyadari hal ini Politeknik Mekatronika Sanata Dharma (PMSD) menggelar lomba robot .Lomba robot yang digelar setiap tahun oleh PMSD ini dikenal dengan nama Mechatronic Robot Competition atau MECBOT. Mecbot 2018 di selenggarakan di Sahid J-Walk pada hari Sabtu-Minggu15- 16 Desember 2018.

Lomba dengan tema BERAGAM BUDAYA SATU INDONESIA” ini diperuntukkan bagi pelajar mulai dari tingkat SD sampai SMU/SMK sederajat dari berbagai daerah mulai dari Jogja, Klaten, Sragen, Magelang, Jawa Timur, Lampung, area Jawa Tengah dan yang terjauh adalah  Pontianak.Ketua panitia Yonathan Kevin mengatakan bahwa perlombaan kali dikelompokkan menjadi dua kategori yaitu tranporter  dan maze solving.

Eko Aris Budi Cahyono, M.Eng selaku direktur PMSD menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakan kegiatan semacam ini adalah untuk melatih daya kreatifitas dan inovasi generasi  muda, memperkenalkan teknologi mekatronika sejak dini melalui robot, menyiapkan generasi muda untuk peka terhadap perkembangan teknologi memasuki era revolusi industry 4.0, dan yang utama adalah mewadahi mahasiswa PMSD untuk meningkatkan kemampuan dalam berorganisasi , mengelola event yang pastinya akan mengasah soft skill mahasiswa.

Antusias peserta untuk mengikuti Mecbot cukup tinggi. Hal ini terbukti dengan peningkatan jumlah peserta lomba tiap tahunnya. Tahun 2018 ini tercatat sebanyak 69  tim yang memperebutkan hadiah total senilai Rp.7,5 juta rupiah. Juara 1 berhak mendapat uang tunai sebesarRp 3,5 juta, juara dua Rp 2,5 juta dan juara tiga senilai 1,5 juta.

Selamat untuk para pemenang, sampai ketemu lagi di Mecbot 2019.