Home
Mekatronika
Teknologi Elektromedis
Teknologi Perancangan Mekanik
Program Studi
Dosen
Karyawan
Mahasiswa
Civitas Akademika
Pelatihan
Desain Proses Otomasi
Manufaktur Komponen
Layanan
Pengumuman
Artikel
Penelitian
Download
Info
Kontak
  
Subscribe to Mekatronika Subscribe
 
BERITA KAMPUS

Senin, 04 Oktober 2021 07:08:08
Tim Robot Domestos Nomos mewakili Universitas Sanata Dharma dalam Kontes Robot Indonesia 2021 Tingkat Nasional

 

Kontes Robot Indonesia (KRI) adalah kegiatan kompetisi rancang bangun dan rekayasa dalam bidang robotika yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.  KRI diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Kontes Robot Indonesia ini dapat diikuti oleh tim mahasiswa pada Perguruan Tinggi yang tercatat di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi.

KRI 2021 diselenggarakan secara bertahap dimulai dengan Kontes Tingkat Wilayah yang diselenggarakan di 2 (dua) wilayah. Wilayah I mencakup Indonesia bagian Barat dan Wilayah II mencakup Indonesia bagian Timur. Sejumlah tim terbaik pada Kontes Tingkat Wilayah akan diundang untuk ikut serta pada Kontes Robot Indonesia 2021 Tingkat Nasional. Dalam kompetisi ini Universitas Sanata Dharma sendiri tergabung di wilayah II.

Pada KRI yang dilakukan secara daring ini, tim peserta menampilkan robotnya di kampus masing-masing, yang ditayangkan secara daring melalui mekanisme video conferencing. Universitas Sanata Dharma mengirimkan 4 tim robot dalam berbagai kategori:

1. Tim Domestos Nomos kategori KRAI ( Kontes Robot ABU Indonesia)

2. Tim Akusara kategori KRSBI Beroda (Kontes Robot Sepak Bola Indonesia)

3. Tim Zussieg kategori KRSRI (Kontes Robot SAR Indonesia)

4. Tim Skyfly kategori KRSTI (Kontes Robot Seni Tari Indonesia)

Setelah bertanding di wilayah II kemarin tgl 28 September 2021 hasil pengumuman lomba tim Domestos nomos berhasil lolos  untuk bertanding di tingkat nasional. Menurut Victor Dragon selaku ketua tim robot universitas sanata dharma menyatakan, persiapan dimulai pada november 2020. Latihan simulasi juga sudah rutin dilakukan. Bahkan, saat lomba, ada beberapa tantangan yang harus dihadapi. Khususnya terkait dengan masalah teknis jaringan. Tetapi hal tersebut menjadi motivasi tersendiri dari Tim Domestos Nomos untuk berusaha lebih baik dan bertanding dalam di tingkat nasional. Mari kita dukung selalu perjuangan Tim Domestos Nomos dalam ajang Kontes Robot Indonesia (KRI) 2021 agar dapat membawa nama baik universitas dan fakultas tercinta.