Home
Mekatronika
Instrumentasi Medis
Desain Produk Mekatronika
Jurusan
Dosen
Karyawan
Mahasiswa
Civitas Akademika
Pelatihan
Desain Proses Otomasi
Manufaktur Komponen
Layanan
Pengumuman
Artikel
Penelitian
Download
Info
Kontak
MECBOT
  
Subscribe to Mekatronika Subscribe
 
PROFIL
 
Profil Politeknik Mekatronika Sanata Dharma

Politeknik Mekatronika Sanata Dharma  memiliki tiga program studi jenjang diploma III, yaitu: Mekatronika, Instrumentasi Medis, dan Desain Produk Mekatronika. SK Ijin pendirian politeknik terbit dan ditetapkan sejak tanggal 11 Agustus 2011, dengan SK No. 175/E/O/2011 yang disahkan oleh Mendiknas RI.

Program D3 Mekatronika dibuka pertama kali pada tahun 1998 dengan SK Ditjen DIKTI No.149/DIKTI/Kep/1998. Dua program studi lainnya adalah prodi baru bersamaan pengajuan ijinnya dengan pendirian Politeknik.

Mekatronika sebagai sebuah profesionalisme berorientasi ke pasar modern. Pasar modern memiliki sifat: mengejar umur pakai produk yang singkat, tangguh berkompetisi dalam persaingan bebas, inovatif di dalam memenuhi permintaan konsumen yang bervariasi dan berbeda, dan mampu menggunakan setiap teknologi terbaru pada setiap produk terbarunya.

Logo politeknik : daun teratai bersudut lima dengan ikon tiga bidang yang bersinergi (warna biru-hitam-abu).

Artinya :

  • Bingkai teratai melambangkan kemuliaan, sudut lima melambangkan Pancasila.
  • Ikon tiga bidang yang bersinergi melambangkan komponen pembangun mekatronika (mekanik, elektro, software); atau dapat dipahami dengan ketiga jurusan yang dimiliki (mekatronika, instrumentasi medis, dan desain produk mekatronika).
  • Warna biru menyatakan teknologi, hitam menyatakan kecanggihan & kekuatan, abu-abu menyatakan intelek & masa depan.

 

VISI

Menjadi lembaga pendidikan vokasi yang memiliki kekhasan serta keunggulan di bidang teknologi rekayasa (mekatronika, instrumentasi medis, desain produk mekatronika) yang menghasilkan SDM berkualitas, kompeten, dan berkarakter dalam rangka brand positioning lembaga yang mampu berkompetisi di tingkat internasional pada 2030.

 

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan profesional di bidang Maekatronika, Instrumentasi Medis, dan Desain Produk Mekatronika
  2. Menyelenggarakan pengembangan IPTEK Mekatronika, Instrumentasi Medis, dan Desain Produk Mekatronika melalui penelitian; serta turut memecahkan permasalahan yang dihadapi masyarakat melalui abdimas
  3. Menyiapkan lulusan yang mampu bekerja secara profesional pada bidangnya, memiliki wawasan kebangsaan, dan kepedulian sosial pada sesama.

 

TUJUAN

Tujuan pendidikan di PMSD adalah menyiapkan generasi muda agar siap terlibat sesuai bidang ilmunya dengan sikap profesional dengan memadukan keterampilan (skills), pengetahuan( knowledge), dan karakter pribadi (attitude) yang dilandasi nilai-nilai kemanusiaan, Kristiani, serta budaya bangsa.

 

PROSPEK LULUSAN

Sesuai sasarannya yaitu mendidik dan menciptakan tenaga-tenaga terampil dan profesional di bidang mekatronika/instrumentasi medis/desain produk mekatronika, maka titik berat lebih pada pengalokasian porsi praktek dari teori. Jumlah jam pertemuan praktek lebih banyak (66%) daripada jam pertemuan teori (34%). Dengan begitu diharapkan mahasiswa mempunyai pengalaman serta kemampuan yang bisa diandalkan di bidangnya.

Lulusan program diploma ini akan mampu memenuhi tuntutan pasar modern di Indonesia khususnya dalam bidang mekatronika/instrumentasi medis/desain produk mekatronika. Industri-industri yang memanfaatkan teknologi modern serta mengacu kepada disiplin ilmu ketiganya, pasti akan banyak membutuhkan tenaga-tenaga lulusan yang siap kerja dan kompeten. Sebagai contoh industri yang bisa dimasuki para lulusan adalah: industri otomotif, industri farmasi, industri yang membutuhkan proses otomasi, rumah sakit atau industri yang menghendaki tenaga perawatan alat-alat medis, atau bahkan industri jasa/servis peralatan medis. Saat ini sudah mulai banyak perusahaan yang secara langsung meminta lulusan program D3 Mekatronika untuk mengisi lowongan kerja. Dan kami optimis bahwa dalam kurun waktu 5-10 tahun mendatang permintaan akan tenaga lulusan mekatronika/instrumentasi medis/desain produk mekatronika, akan semakin banyak dan menjanjikan posisi kerja yang strategis sejalan dengan perkembangan terus ke arah otomatisasi industri serta kebutuhan kesehatan di Indonesia secara luas.

Dengan sistem pendidikan yang terus mengalami perkembangan, kurikulum yang dikembangkan sesuai dengan tuntutan aktual di dunia industri, maka para lulusan akan dibawa pada kebutuhan nyata. Para lulusan akan mengalami pendidikan yang secara langsung menyiapkan diri mereka untuk terbiasa dan mengalami disiplin serta atmosfer nyata dari dunia kerja sesungguhnya. Sistem DO (gugur pertingkat) akan memacu motivasi belajar serta kesungguhan para mahasiswa peserta didik untuk menyiapkan diri sebaik-baiknya sebagai tenaga siap pakai di bidang mekatronika/instrumentasi medis/desain produk mekatronika. Sehingga setelah lulus mereka akan memiliki keyakinan akan kompetensi yang telah dikembangkan selama mengikuti proses pendidikan di Politeknik Mekatronika Sanata Dharma.

 

PELUANG KERJA

Segmentasi pasar kebutuhan tenaga ahli di bidang mekatronika/instrumentasi medis/desain produk mekatronika adalah:

1. Automotive Industries
2. Food and packaging Industries
3. Electronics Industries
4. Pharmacy Industries
5. Oil & gas Industries
6. Mining
7. Chemical Industries
8. Construction (Elevator/escalator)
9. Hospital equipment industries
10. Maintenance medical instruments in hospital
11. Manufacturing Industries
12. Education & training
13. Textile industries
14. Medical equipment supplier
15. IT & Computer solution
16. Home appliance industries
17. Automation Solution Consultant
18. Toys industries
19. Entrepreneur
20. System control instrumentation
21. Designer product in mechatronic