Home
Mekatronika
Teknologi Elektromedis
Desain Produk Mekatronika
Program Studi
Dosen
Karyawan
Mahasiswa
Civitas Akademika
Pelatihan
Desain Proses Otomasi
Manufaktur Komponen
Layanan
Pengumuman
Artikel
Penelitian
Download
Info
Kontak
MECBOT
  
Subscribe to Mekatronika Subscribe
 
BERITA KAMPUS

Jumat, 05 Januari 2018 05:10:26
Mecbot Competition 2018

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

“NKRI Harga Mati”

Mecbot Competition 2018

Perkembangan bidang mekatronika terutama bidang robotik, sangat pesat. Melihat fenomena tersebut,  Badan Eksekutif Mahasiswa Politeknik Mekatronika Sanata Dharma merespon dengan membuat acara “Mecbot Competition” pada 17 Desember 2017. Acara ini bertujuan untuk mendekatkan diri dan memperkenalkan  Politeknik Mekatronika Sanata Dharma kepada pelajar di wilayah Jogja dan sekitarnya. Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk mewadahi hobi dan kreatifitas pelajar  yang menyukai bidang robotika.

 Pemilihan lomba bidang robotik ini selain baru “trend” di kalangan pelajar memang sesuai dengan kompetensi yang dimiliki oleh PMSD , karena di dalam robot tersebut ada unsur mekanik, elektronik, dan pemrograman dan ketiga kompenen itu merupakan “core bisnis” Politeknik Mekatronika Sanata Dharma.

 Acara yang mengusung tema "NKRI Harga Mati" diharapkam mampu menumbuhkan rasa nasionalisme serta menumbuhkan kecintaan generasi penerus bangsa terhadap budaya Indonesia seraya tetap mengikuti kemajuan teknologi. Selain itu, juga diharapkan mampu menumbuhkan “teamwork “ untuk memunculkan strategi strategi dalam perlombaan.

 Mecbot 2018 ini terdapat dua kategori perlombaan yaitu kategori primary : RC Transporter dan kategori secondary : Maze Solving.

Natalia Anastasya selaku ketua panitian , mengatakan bahwa jumlah peserta tahun ini semakin bertambah dari tahun sebelumnya. Jika pada tahun  sebelumnya ajang yang sama diikuti oleh 21 team tahun ini pesertanya bertambah menjadi 71 tim yang terdiri dari 31 tim kategori primary ( u < 13 th) 40 tim kategori secondary (u 13-17 th. Peserta kompetisi berasal dari berbagai kota kota besar di Indonesia seperti Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Jakarta, Jawa Tengah.

 Acara yang diselenggarakan di ruang drost Kampus 3 Universitas Sanata Dharma ini berlangsung kurang lebih 10 jam dengan  pemenang kompetisi sbb :

Kategori Primary ( transporter) :

1.  Juara I : Muhlas 4 (SD Muhammadiyah 11 Surabaya),

2. Juara II:Muhlas 2 (SD Muhammadiyah 11 Surabaya)

3. Juara III :  Al-Azhar Robotic (AWG Robotic Courses)

Kategory secondary (Maze Solving)

1. Juara I : Tri-Dex Pro (SMP Birrul Walidain Muhammadiyah sragen)

2. Juara II :  Muhisra 1 (SMP Muhammadiyah Sragen)

3. Juara III: Muhisra 2 (SMP Muhammadiyah Sragen)

 

Selamat dan Profisiat untuk para pemenang.