Home
Mekatronika
Instrumentasi Medis
Desain Produk Mekatronika
Jurusan
Dosen
Karyawan
Mahasiswa
Civitas Akademika
Pelatihan
Desain Proses Otomasi
Manufaktur Komponen
Layanan
Pengumuman
Artikel
Penelitian
Download
Info
Kontak
MECBOT
  
Subscribe to Mekatronika Subscribe
 
BERITA KAMPUS

Rabu, 04 April 2018 06:22:48
PMSD POLITEKNIK SWASTA TERBAIK DI INDONESIA DALAM PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA (PKM) TAHUN 2018

Lulusan Perguruan Tinggi dituntut untuk memiliki academic knowledge, skill of thinking, management skill, dan communication skill. Kekurangan atas salah satu dari keempat keterampilan tersebut dapat menyebabkan berkurangnya mutu lulusan. Sinergisme akan tercermin melalui kemampuan lulusan dalam kecepatan menemukan solusi atas persoalan yang dihadapinya. Perilaku dan pemikiran yang ditunjukkan akan bersifat konstruktif realistis, artinya kreatif (unik dan bermanfaat) serta dapat diwujudkan. Kemampuan berpikir dan bertindak kreatif pada hakekatnya dapat dilakukan setiap manusia apalagi yang menikmati pendidikan tinggi. Kreativitas merupakan penjelmaan integratif dari tiga faktor utama dalam diri manusia, yaitu: pikiran, perasaan, dan keterampilan. Agar mahasiswa dapat mencapai level kreatif, ketiga faktor termaksud diupayakan agar optimal.

Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Dirjen Belmawa Kemenristekdikti mengembangkan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan telah dilaksanakan sejak tahun 2001. PKM dikembangkan untuk mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi. Dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang cendekiawan, wirausahawan serta berjiwa mandiri dan arif, mahasiswa diberi peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap, tanggungjawab, membangun kerjasama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni.

Berdasarkan Surat Penugasan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 Bidang Tahun 2018 yang dikeluarkan oleh Direktur Kemahasiswaan pada tanggal 3 April 2018, telah dipilih 430 perguruan tinggi (Negeri dan Swasta) dari total 4.312 perguruan tinggi yang ada di Indonesia dengan total 4.183 proposal PKM yang proposalnya dipilih untuk  didanai pada tahun 2018.

Sejak pertama kali PMSD (Tahun 2011), PMSD selalu berhasil meloloskan proposal PKM untuk didanai setiap tahunnya. Suatu kebanggaan bagi Politeknik Mekatronika Sanata Dharma (PMSD) karena pada tahun 2018 ini telah berhasil meloloskan 8 proposal PKM untuk didanai. Mengapa harus bangga? Karena dari total 243 Politeknik Negeri (99) dan Swasta (144), hanya 19 Politeknik Swasta dan 35 Politeknik Negeri atau total 54 Politeknik, yang mampu meloloskan proposal PKM untuk didanai. Mengapa harus bangga? Karena Proposal PKM  PMSD yang didanai tahun 2018 ini merupakan jumlah proposal PKM yang didanai tahun 2018 TERBANYAK jika dibandingkan Politeknik Swasta yang lain yang proposal PKM-nya didanai. Bahkan jika dibandingkan dengan seluruh politeknik di Indonesia secara nasional (Negeri maupun Swasta),  jumlah proposal PKM PMSD yang didanai 2018 masuk dalam 6 besar Nasional Politeknik.

Pesan yang dapat disampaikan kepada mahasiswa setelah terlibat dalam PKM ini adalah janganlah takut untuk menjadi yang terbaik, buat strategi, berpikir ke depan, dan lihat kepentingan-kepentingan di sekitar, terlebih yang dibutuhkan masyarakat Indonesia ini. Milikilah mental yang pantang menyerah, ubah masalah menjadi tantangan dalam diri sendiri. Selamat mengembangkan Kreativitas dan Inovasi melalui PKM. (EA)