Home
Mekatronika
Teknologi Elektromedis
Desain Produk Mekatronika
Program Studi
Dosen
Karyawan
Mahasiswa
Civitas Akademika
Pelatihan
Desain Proses Otomasi
Manufaktur Komponen
Layanan
Pengumuman
Artikel
Penelitian
Download
Info
Kontak
MECBOT
  
Subscribe to Mekatronika Subscribe
 
BERITA KAMPUS

Jumat, 30 Desember 2016 01:21:13
PMSD Sukses Selenggarakan MECBOT 2016

Pada hari Selasa tanggal 20 Desember 2016, Keluarga Mahasiswa Politeknik Mekatronika (KMPM) Sanata Dharma Yogyakarta bekerjasama dengan IEEE Politeknik Mekatronika Sanata Dharma (PMSD) Student Branch telah sukses menyelenggarakan MECBOT 2016. MECBOT (Mekatronika Robot) Competition adalah ajang tahunan yang diselenggarakan oleh KMPM PMSD. Ajang ini diselenggarakan untuk menanggapi perkembangan teknologi dunia, khususnya dalam bidang robotika, yang semakin pesat.

Pada kesempatan tahun ini MECBOT Compotition mengangkat tema “BATTLE OF ROROJONGRANG”, dimana peserta lomba akan berkompetisi dalam mengarahkan robot untuk membangun candi layaknya kisah Bandung Bondowoso saat diminta untuk membangun candi oleh Roro Jonggrang. Pada saat pertandingan, peserta dituntut untuk mengatur strategi dalam membangun candi-candi agar lebih cepat dari tim lawan.

Mecbot 2016 PMSD ini diikuti oleh 21 team yang dibagi menjadi dua kategori yaitu Kategori Primary (TK/SD) dan Kategori Secondary (SMP/SMU/SMK). Team-team tersebut berasal dari sekolah-sekolah yang ada di Yogyakarta, Klaten, Surakarta, Semarang, Pati dan Surabaya. SD Al-Azhar 35 Surabaya merebut juara 1, 2 dan 3 untuk perlombaan kelompok Primary.

Sedangkan untuk kelompok Secondary didominasi dari SMP N 1 Semarang yang berhasil menempatkan diri menjadi juara 1 dan juara 2, sedangkan sebagai juara 3 adalah SMP Kristen 1 Klaten.

PMSD tidak ingin hanya menjadi penonton yang  melihat pesatnya perkembangan teknologi bidang robotika di Indonesia dan di dunia. PMSD ingin menjadi salah satu pelaku dalam pengembangan generasi muda yang ingin mengembangkan bidang robotika di Indonesia. Mecbot adalah salah satu wujud kerja nyata PMSD dalam memberikan wadah bagi generasi muda untuk mengembangkan teknologi robotika. Let’s Change The World and Make It Better with Mechatronics.