Home
Mekatronika
Teknologi Elektromedis
Desain Produk Mekatronika
Program Studi
Dosen
Karyawan
Mahasiswa
Civitas Akademika
Pelatihan
Desain Proses Otomasi
Manufaktur Komponen
Layanan
Pengumuman
Artikel
Penelitian
Download
Info
Kontak
MECBOT
  
Subscribe to Mekatronika Subscribe
 
BERITA KAMPUS

Senin, 02 April 2018 06:11:27
PMSD Selenggarakan Retooling Dosen Vokasi Bidang Mekatronika

Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Revitalisasi Pendidikan Tinggi Vokasi pada Direktorat Pengembangan Kelembagaan Perguruan Tinggi, Ditjen Kelembagaan Iptek dan Pendidikan Tinggi menyelenggarakan kegiatan Beasiswa Retooling Kompetensi Vokasi Dosen Pendidikan Tinggi Vokasi TA 2018 yang diberikan untuk dosen program terpilih dari berbagai perguruan tinggi vokasi dibawah lingkungan Kemristekdikti yang memenuhi persyaratan. Politeknik Mekatronika Sanata Dharma Yogyakarta bekerja sama dengan PT Festo Indonesia dan PT Arisma Data Setia (ADS) terpilih menjadi salah satu Perguruan Tinggi penyelenggara program retooling dosen vokasi untuk kompetensi bidang mekatronika.

Mekatronika adalah kombinasi secara sinergi dari bidang Mekanik, Elektronik, dan Informatik yang digunakan pada perancangan produk dan proses otomasi untuk hasil yang lebih optimal. Peralatan-peralatan praktik baik hardware maupun software, sumber daya manusia serta kurikulum telah dirancang dan dikembangkan untuk menjadi tempat pelatihan dan uji kompetensi Mekatronika yang komprehensif berdasarkan kasus-kasus nyata di Industri.

Dengan menggunakan model sistem otomasi industri berupa Modular Production Systems (MPS) serta kurikulum training Mekatronika di Politeknik Mekatronika Sanata Dharma (PMSD), setelah mengikuti training mekatronika di Politeknik Mekatronika Sanata Dharma (PMSD), peserta:

  1. Mampu menganalisis hubungan secara fungsional dari sebuah system mekatronika
  2. Mampu membuat gambar teknik dari komponen mekanik penyusun system mekatronika
  3. Mampu melakukan proses trouble shooting berdasarkan aliran informasi maupun energy sub-system mekanik, elektrik, dan elektro-pneumatik
  4. Mampu melakukan wiring dan programming PLC berdasakan logika dan sekuensial kerja system mekatronika
  5. Mampu melakukan proses assembling, commissioning, trouble shooting dan perbaikan system mekatronika

Retooling kompetensi mekatronika dan uji kompetensi akan dilaksanakan pada antara tanggal 20 Juni sampai dengan tanggal 27 Juli 2018 di Politeknik Mekatronika Sanata Dharma, Paingan, Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta.

Dalam pelaksanaanya, PMSD berkerjasama dengan pihak PT Festo Indonesia dan PT Arisma Data Setia (ADS). PT Festo Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang otomasi industri (mekatronika). PT ADS merupakan perusahaan system integrator dan reseller resmi SolidWorks di Indonesia. Dalam program retooling kompetensi mekatronika ini, PMSD bertindak sebagai institusi penyelenggara pelatihan, sedangkan PT Festo Indonesia dan PT ADS akan bertindak sebagai penyelenggara uji kompetensi dan sertifikasi. Setelah mengikuti program retooling bidang mekatronika di PMSD, apabila peserta lulus dalam uji kompetensi, akan memperoleh 2 (dua) sertifikat kompetensi dari PT Festo Indonesia (Mekatronika) dan dari SolidWorks (CSWA).

Untuk informasi detail dan proses pendaftaran program Retooling Dosen Vokasi, dapat dilihat melalui laman: https://retoolingvokasi.ristekdikti.go.id/beranda/vokasidosen. Sampai jumpa di Politeknik Mekatronika Sanata Dharma. Let’s change the world and make it better with mechatronics. (EA)