Home
Mekatronika
Teknologi Elektromedis
Teknologi Perancangan Mekanik
Program Studi
Dosen
Karyawan
Mahasiswa
Civitas Akademika
Pelatihan
Desain Proses Otomasi
Manufaktur Komponen
Layanan
Pengumuman
Artikel
Penelitian
Download
Info
Kontak
MECBOT
  
Subscribe to Mekatronika Subscribe
 
BERITA KAMPUS

Senin, 13 Januari 2020 06:23:59
PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PERANCANGAN MEKANIK (TPM) PMSD SIAP MENGHASILKAN ASSISTANT MACHINE DESIGNER

 

Pada hari Jumat tanggal 18 Oktober 2019 adalah hari yang membahagiakan bagi seluruh Civitas PMSD khususnya Program Studi Desain Produk Mekatronika (DPM). Pada hari tersebut secara resmi, nama Program Studi Desain Produk Mekatronika (DPM) Politeknik Mekatronika Sanata Dharma Yogyakarta, telah resmi berubah menjadi Program Studi TEKNOLOGI PERANCANGAN MEKANIK (TPM). Perjuangan yang cukup panjang, yang dimulai dari tahun 2017, akhirnya membuahkan hasil.  Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 1009/KPT/I/2019 tertanggal 17 Oktober 2019 maka program studi Teknologi Perancangan Mekanik telah sah diakui.

Program studi Teknologi Perancangan Mekanik menghasilkan Assistant Machine Designer peralatan-peralatan produksi yang serba otomatis bagi industri-industri modern yang kompeten. Dengan diterbitkannya Surat Keputusan tersebut, nama program studi Teknologi Perancangan Mekanik ini telah sesuai dengan Keputusan Direktur Jenderal pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor. 46/B/HK/2019, tentang Daftar Nama Program Studi Pada perguruan Tinggi. Kesesuaian nama program studi tersebut sangat penting bagi PMSD terutama bagi lulusan saat penempatan di industri ataupun di instansi pemerintahan.

Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 1009/KPT/I/2019 juga ditetapkan bahwa pada saat keputusan menteri ini mulai berlaku:

a.       Status akreditasi dan peringkat terakreditasi Program Studi sebagaimana dimaksud dalam Diktum KESATU sesuai dengan keputusan yang ditetapkan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi atau Lembaga Akreditasi mandiri; dan

b.      Penyelenggaraan Program Studi sebagaimana dimaksud dalam Diktum KESATU pada Politeknik Mekatronika Sanata Dharma di Kabupaten Sleman yang diselenggarakan sebelum Keputusan Menteri ini ditetapkan dinyatakan sah dan wajib menyesuaikan terhadap Keputusan Menteri ini.

Kedua hal tersebut di atas menyatakan bahwa akreditasi Program Studi Teknologi Perancangan Mekanik (TPM) yang diselenggarakan oleh PMSD adalah B sesuai dengan keputusan Badan Akreditasi Nasional Nomor. 1324/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/V/2018 tertanggal 22 Mei 2018. PMSD menyakini bahwa  perubahan nama tersebut akan berdampak baik bagi penyelenggaraan program studi Teknologi Perancangan mekanik untuk lebih bisa menghasilkan lulusan yang kompeten sesuai dengan kebutuhan tenaga kerja di era revolusi 4.0.