Home
Mekatronika
Teknologi Elektromedis
Desain Produk Mekatronika
Program Studi
Dosen
Karyawan
Mahasiswa
Civitas Akademika
Pelatihan
Desain Proses Otomasi
Manufaktur Komponen
Layanan
Pengumuman
Artikel
Penelitian
Download
Info
Kontak
MECBOT
  
Subscribe to Mekatronika Subscribe
 
BERITA KAMPUS

Rabu, 30 November 2016 07:44:33
Seminar Updating technology dalam rangka Solidworks Innovation Day 2017

Pada hari senin, 28 November 2016, di Ruang Drost , Gedung Pusat Administrasi Kampus III Paingan, Sanata Dharma dilangsungkan acara Seminar dalam rangka Solidworks Innovation Day 2017. Peserta yang hadir  terdiri dari mahasiswa dan pelaku di industri. Dari 145 mahasiswa yang hadir datang dari beberapa institusi pendidikan seperti PMSD, USD, UGM, UNY, UKDW, ISI, UII,UnProk,Politeknik Indonusa Surakarta,Politeknik manufaktur dan SMK Warga. Sedangkan dari pelaku industri tercatat datang dari 23 perusahaan industri dari bidang manufaktur, kesehatan dan furnitur, seperti Almi Furniture Perdana,ATMI IGI CENTER SURAKARTA,BINTANG LIMA ANEKA WARNA, Dekor Asia Jayakarya,ED Aluminium,Empty Brain Multikarya,FORCE institute,Gama Teknika,INDO ACIDATAMA,Itokoh Ceperindo,Kawan Sejati Akurasi,Lexina Tech,Maria Infiniferro,Mega Andalan Kalasan,Paradise Island Furniture,Rima Heater,STARLIGHT PRIME THERMOPLAS,Supratik Suryamas,Teknologi Kode Indonesia,TRIPATRA ENGINEERING ,Unicam,UPT Logam Yogyakarta, dan YPTI

Acara berlangsung sejak pagi hingga sore hari, dengan materi – materi seminar tentang desain dan integrasinya dengan teknologi. Pemaparan materi seminar tentang  The power you need todrive innovation , 3D Mechanical Concept dan implementasi software solidworks untuk drafting dan concept generation dalam industri disampaikan oleh PT Arisma Data Setia. Pemaparan dilengkapi dengan peragaan secara langsung pembuatan gambar model menggunakan Solidworks, sehingga para peserta dapat menilai bahwa solidworks adalah software yang sangat membantu dalam pemodelan produk, konstruksi dan elektrikal. Karena selain mempercepat pembuatan model 3D dengan  drag dan click fitur yang mudah juga solidworks dilengkapi fitur untuk memindahkan gambar model 3D ke dalam gambar kerja teknik 2D, beserta daftar BOM (Bill Of Materials) nya. Dalam solidworks juga terdapat  fitur motion study yang digunakan untuk menganalisis kekuatan material, struktur dan joint menggunakan simulasi. Sebagai software untuk mempermudah komunikasi antara desainer dengan klien , solidworks, juga dilengkapi fitur rendering dan animasi yang akan membantu presentasi kepada klien, sehingga persepsi terhadap desain akan sama. Secara keseluruhan dengan software tersebut beberapa tahapan proses dalam desain sampai menjadi produk yang siap dipasarakan dapat dipangkas menjadi lebih efisien.

Penjelasan menarik lain disampaikan oleh PT TWA, yang memaparkan tentang Scanner portable. Dengan 3D scanner ini maka desainer akan dimudahkan untuk melakukan Reverse Engineering. Dengan peragaan alat scanner peserta diperlihatkan bagaimana mengolah data scan menjadi gambar yang siap diimpor sebagai gambar kerja ke software CAD. Fungsi Scanner adalah untuk mendapatkan gambaran produk dari benda asli untuk dikopi baik bentuk maupun ukurannya sehingga memudahkan untuk menggandakan atau memodifikasi produk sebelumnya. Dengan scanner yang portable ini dimungkinkan untuk memindai obyek yang besar dengan lebih leuasa dan dapat dilakukan secara fleksibel tidak terbatas ruang dan lokasi.

Pemaparan selanjutnya adalah 3D Machining Concept in MasterCam, penjelasan dari PT UniCam sebagai reseller software MasterCam memperlihatkan bagaimana software dapat diaplikasikan untuk menjembatani pengolahan proses manufakturing  dari gambar menjadi G-Code dalam proses di mesin CNC, sehingga benda kerja dapat dibuat sesuai dengan rencana gambarnya.

Selain pemaparan materi – materi seminar, peserta juga ditantang untuk mengikuti Design Challenge yaitu menggambar suatu benda dengan software solidworks kemudian menganalisis berat bendanya.Acara ditutup dengan pemberian hadiah kepada pemenang Design Challenge dan hadiah Lucky Draw . (BB*)