Home
Mekatronika
Instrumentasi Medis
Desain Produk Mekatronika
Jurusan
Dosen
Karyawan
Mahasiswa
Civitas Akademika
Pelatihan
Desain Proses Otomasi
Manufaktur Komponen
Layanan
Pengumuman
Artikel
Penelitian
Download
Info
Kontak
MECBOT
  
Subscribe to Mekatronika Subscribe
 
BERITA KAMPUS

Jumat, 10 Februari 2017 07:54:07
Sertifikasi Mahasiswa DPM secara Internasional

Gambar Teknik merupakan media komunikasi untuk menyampaikan secara visual perancangan  dari seorang desainer permesinan, dari konsep abstrak ke bentuk gambar secara tepat dan objektif kepada operator permesinan.

Sejalan dengan perkembangan teknologi dibidang desain permesinan, masalah-masalah yang terdapat ketika menggambar dengan free hand sketch dapat dikerjakan dengan menggunakan software. Salah satu software desain yang banyak yang digunakan saat ini adalah SOLIDWORKS, karena dapat merancang part permesinan dengan tampilan 3D, dan menggabungkan beberapa part (assembling), dan dapat diubah kedalam tampilan 2D sebagai dokumen gambar kerja.

Program Studi Desain Produk Mektronika, Politeknik Mekatronika Sanata Darma menggunakan software SOLIDWORKS untuk mendukung pengerjaan menggambar teknik kepada mahasiswa, sehingga mahasiswa dapat mendesain alat tersebut dari 2D hingga gambar 3D.

Kompetensi mahasiswa di DPM adalah dapat merancang konsep solusi dari permasalahan pada alat proses  industri , baik dari UKM maupun industri skala menengah. Sehingga kemampuan untuk memvisualisasikan hasil perancangan sebagai solusi sangat penting. Untuk dapat dibaca, dipahami dan dikerjakan maka Dokumen gambar harus memiliki standar yang diakui secara internasional.

Pada akhir semester mahasiswa akan melakukan ujian Sertifikasi SOLID WORK untuk mengukur kemampuan dan kompetensi mahasiswa DPM dalam hal mendesain gambar teknik, dan ujian tersebut dilakukan secara online dan diselenggarakan langsung dari Dassault System, USA.  Ujian sertifikasi SOLID WORK juga merupakan salah satu program unggulan dari program studi DPM. Kompetensi Dosen dosen pengampu di DPM juga telah tersertifikasi  CSWA secara internasional sehingga mampu membimbing mahasiswa untuk termotivasi mencapai sertifikasi internasional CSWA.

Lulusan DPM  diharapkan akan memiliki beberapa keunggulan  antara lain  lulusan DPM memiliki kemampuan merancang mulai dari mengidentifikasi permasalahan , mendeskripsikan dan memberikan solusi atas permasalahan tersebut berupa gambar rancangan , Lulusan DPm juga memiliki pengetahuan tentang dasar – dasar mekanik serta pengetahuan lain yang penting untuk merancang alat pendukung proses produksi di industri. Dengan Kompetensi menggambar dengan software dan teruji secara internasional tersebut maka ketika mahasiswa lulus akan mendapatkan pengakuan di berbagai industri baik skala nasional maupun internasional pada perusahaan- perusahaan yang menggunakan SOLIDWORKS, dengan kata lain lulusan dari DPM akan dengan mudah mendapatkan pekerjaan dan memiliki bargain power yang tinggi. (A&B)