Home
Mekatronika
Instrumentasi Medis
Desain Produk Mekatronika
Jurusan
Dosen
Karyawan
Mahasiswa
Civitas Akademika
Pelatihan
Desain Proses Otomasi
Manufaktur Komponen
Layanan
Pengumuman
Artikel
Penelitian
Download
Info
Kontak
MECBOT
  
Subscribe to Mekatronika Subscribe
 
BERITA KAMPUS

Rabu, 29 Maret 2017 03:37:51
SARASEHAN DESAIN PRODUK MEKATRONIKA "BERJUMPA, BERTEMU DAN BERBAGI"

Senin, 27 Maret 2017 bertempat di Hall Kampus Politeknik Mekatronika Sanata Dharma (PMSD) diselenggarakan acara sarasehan antara mahasiswa Desain Produk Mekatronika  (DPM)  dengan para alumni DPM. Acara yang berlangsung sekitar 4 jam ini di hadiri oleh Bpk. Eko Aris Budi Cahyono, M.Eng selaku direktur  PMSD, semua dosen DPM dan seluruh mahasiswa DPM tingkat I,II,III.  Menurut Bertha Bintari W,S.T.,M.T.,MAID  selaku Kaprodi  DPM, acara ini  diselenggarakan dengan tujuan untuk memberikan gambaran kepada mahasiswa tentang peluang lulusan DPM,  sharing pengalaman di dunia kerja dan untuk melihat kesesuaian materi yang diajarkan dengan kebutuhan industri saat ini. Harapannya adalah mahasiswa bisa termotivasi untuk  berbenah dalam  meraih cita cita yang diharapkan.

Ditengah kesibukannya, dengan bangganya para alumni meluangkan waktu untuk berjumpa, bertemu dan berbagi pengalaman suka dukanya selama kuliah di PMSD dan berbagi cerita tentang dunia kerja yang dirasakan saat ini. Mas Eko, dalam sharingnya menceritakan bahwa di dunia kerja, bagaimanapun caranya semua projek harus bisa dikerjakan dalam waktu yang sudah ditetapkan. Jadi kita harus benar-benar bisa menghargai waktu dengan sebaik-baiknya, dan semua mata kuliah yang dibekalkan  oleh kampus, pasti nantinya sangat berguna dalam dunia kerja kita.

Dalam acara yang digelar dalam suasana santai tersebut terjadi dialog  dan tanya jawab antara alumni dan adik angkatan seputar bagaimana mereka berproses dalam perkuliahan di DPM, serta proses mereka melalui proses dalam bekerja. Pertanyaan yang lain adalah seputar tanggung jawab dan kompetensi yang diperlukan oleh lulusan dari DPM dengan jenis pekerjaan yang berbeda- beda seperti yang dipaparkan oleh alumni.

Secara keseluruhan mahasiswa yang saat ini masih berproses dalam perkuliahan semakin memiliki gambaran bagaimana mereka menyiasati dengan cerdas tantangan dan rintangan dalam proses belajar, memberi gambaran peluang bekerja dan lapangan pekerjaan untuk mereka kelak serta termotivasi untuk selalu bersemangat menmambah kemampuan , skil dan kompetensi untuk bekerja.

Alumni yang hadir dalam acara tersebut adalah Petrus Sudarsono(DPM’11, PMSD), Eko Ari  Wibowo (DPM’12, PT.YPTI Yogyakarta), Manuel Ellyas Abie Jayadi Guna (DPM’12, Wiraswasta), Irfan Dillah N dan Gading Hery Prayitno (DPM’12, PT.Fina Lestari Nusantara), dan Denda Cipta Handayana yang saat ini melanjutkan pendidikan S1 nya di salah satu perguruan tinggi di Surakarta.  Terima kasih atas kesediaan para alumni untuk bertemu dan berbagi dengan adek tingkat.