Home
Mekatronika
Instrumentasi Medis
Desain Produk Mekatronika
Jurusan
Dosen
Karyawan
Mahasiswa
Civitas Akademika
Pelatihan
Desain Proses Otomasi
Manufaktur Komponen
Layanan
Pengumuman
Artikel
Penelitian
Download
Info
Kontak
MECBOT
  
Subscribe to Mekatronika Subscribe
 
BERITA KAMPUS

Selasa, 01 Agustus 2017 01:49:42
Mini Career Expo PMSD 2017

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Hari jumat sampai dengan hari Sabtu tepatnya tanggal 28 dan 29 Juli 2017, di Politeknik Mekatronika Sanata Dharma (PMSD) telah diselenggarakan kegiatan berupa Mini Career Expo (MCE). Kegiatan ini merupakan bentuk tanggung jawab PMSD kepada para alumninya dan merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Unit Career Development Center (CDC) PMSD setiap tahun. Dengan kegiatan ini diharapkan semakin banyak lulusan PMSD yang sudah diterima bekerja sebelum masa wisuda. Target utama PMSD adalah 100% lulusan sudah diterima bekerja sebelum masa wisuda.

            Mini Career Expo PMSD dihadiri oleh tiga perusahaan rekanan PMSD yaitu : PT. G.D Indonesia, PT.Bukit Muria Jaya, dan PT.Phapros Tbk. Acara MCE dimulai dengan diskusi santai antara Wakil Perusahaan yang akan melakukan proses recruitment dan pihak PMSD. Pihak PMSD dalam diskusi santai tersebut diwakili oleh Direktur, Kaprodi Mekatronika, Kaprodi Desain Produk Mekatronika, Kaprodi Instrumentasi Medis serta beberapa staf dosen. Dalam diskusi tersebut disamping mambahas teknis pelaksanaan test, juga membahas  peluang kerja sama kedua belah pihak. Dari diskusi tersebut, terdapat beberapa peluang kerjasama yang bisa dilaksanakan antara PMSD dan ketiga Perusahaan  diantaranya Peluang Mahasiswa dapat kerja praktek dan membuat project Tugas Akhir  di perusahaan.

Setelah diskusi, acara dilanjutkan dengan presentasi dari ketiga perusahaan yang dimulai dari PT GD Indonesia, dilanjutkan presentasi dari PT.Bukit Muria Jaya, dan yang terakhir adalah presentasi dari PT.PhaprosTbk. Setelah ketiga perusahaan presentasi, kemudian para alumni menentukan pilihan perusahaan berdasarkan minat mereka masing-masing. Setelah itu para alumni mengikuti test kerja (Psikotest dan Wawancara) sesuai dengan pilihan perusahaan masing-masing.

            Tanggapan perusahaan dan alumni sangat positif. Alumni merasa termotivasi karena adanya fasilitas test kerja di kampus melalui kegiatan MCE ini. Alumni mengharapkan semakin banyak jumlah perusahaan yang dilibatkan dalam kegiatan MCE sehingga pilihan perusahaan menjadi lebih banyak. Perusahaan juga merasa lebih mudah mencari karyawan yang sesuai dengan kriteria yang mereka inginkan. Perusahaan mengharapkan kegiatan MCE ini dapat dilakukan secara periodik oleh PMSD bila perlu waktunya dipercepat sekitar bulan April atau Mei setiap tahunnya.

PMSD berharap dengan diselenggarakannya kegiatan MCE secara rutin, keterserapan lulusan PMSD di dunia kerja semakin baik dan diharapkan semua (100%) lulusan sudah terserap di dunia kerja sebelum wisuda. Bagi perusahaan pengguna lulusan PMSD semakin mudah memperoleh tenaga kerja yang sesuai dengan kriteria mereka. (Ln)