Home
Mekatronika
Instrumentasi Medis
Desain Produk Mekatronika
Jurusan
Dosen
Karyawan
Mahasiswa
Civitas Akademika
Pelatihan
Desain Proses Otomasi
Manufaktur Komponen
Layanan
Pengumuman
Artikel
Penelitian
Download
Info
Kontak
MECBOT
  
Subscribe to Mekatronika Subscribe
 
BERITA KAMPUS

Senin, 27 Februari 2017 07:02:46
Kunjungan Direktur Eksekutif ADB ke PMSD

PMSD merupakan salah satu Politeknik Swasta di Yogyakarta yang mendapat program Hibah PEDP (Politechnic Education Development Project) dari Kemenristekdikti pada tahun 2013 sampai dengan tahun 2016, dengan jumlah dana sekitar  7,3 M. Dana yang berasal dari Asian Development Bank (ADB) tersebut dikelola oleh PMSD untuk melaksanakan beberapa program pengembangan antara  lain 1) Peningkatan mutu lulusan dan relevansi, 2) Perluasan akses dan kesetaraan gender, 3) Peningkatan keterlibatan sektor swasta dalam meningkatkan daya saing lulusan, 4) Penguatan tata kelola penyelenggaraan pendidikan.

Mr. Won-Mok Choi selaku Direktur Eksekutif ADB pada tanggal 24 Februari 2017, berkunjung ke Politeknik Mekatronika Sanata Dharma untuk melihat secara langsung dampak dari program hibah PEDP terhadap peningkatan kualitas di PMSD. Dalam agenda kunjungan tersebut Mr. Choi yang di dampingi oleh Bpk. Sutarum Wiryono selaku perwakilan ADB Indonesia, Bpk. Kharisun selaku perwakilan dari PMU PEDP dan Bpk. Hendra Suryono selaku perwakilan dari Direktorat Pembelajaran Kemenristekdikti, menerima laporan secara langsung seluruh kegiatan program hibah PEDP yang telah dilaksankan oleh PMSD berikut perkembangan PMSD sebagai dampak dari program hibah PEDP yang telah diterima. Laporan tersebut dipresentasikan secara langsung oleh direktur PMSD Bpk. Eko Aris Budi Cahyono. Dampak nyata dari program hibah PEDP adalah menigkatnya jumlah mahasiswa baru untuk ketiga program studi di PMSD sampai dengan 57% (34% khusus untuk program studi Mekatronika). Dampak lain adalah semakin sesuainya kompetensi lulusan PMSD dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh industri/pengguna yang bisa dilihat dari data lulusan pada tahun 2016, dimana 60% dari total lulusan sudah diterima kerja sebelum mereka diwisuda.

 

Setelah menerima laporan kegiatan, Tim ADB didampingi direktur dan staf PMSD, melihat secara langsung proses perkuliahan praktik di PMSD dimana sebagian perkuliahan praktik tersebut menggunakan peralatan-peralatan yang di peroleh dari program hibah PEDP. Tim ADB juga berkunjung ke perpustakaan serta melihat hasil-hasil karya tugas akhir mahasiswa serta hasil-hasil riset kerjasama antara PMSD dengan industri.

Atas usaha dan kerja keras yang sudah dilakukan dalam pengelolaan dana Hibah PEDP pada tahun 2013 sampai dengan 2016, PMSD kembali dipercaya oleh Kemenristekdikti untuk mengelola dana hibah penguatan PEDP pada tahun 2017 dengan total dana hibah sekitar 9,97  Milyar. Kegiatan hibah penguatan PEDP tersebut dalam implementasinya akan dibagi menjadi dua tahapan yaitu tahap pertama adalah kegiatan yang dilakukan pada bulan Januari - Juni 2017 dan tahap kedua pada bulan Juli – Desember 2017.

Hibah-hibah yang diterima oleh PMSD termasuk hibah PEDP ini, dalam perencanaan dan implementasinya seluruh kegiatan telah disinkronkan dengan kegiatan-kegiatan lain di luar kegiatan hibah yang diturunkan dari Rencana Strategis (RENSTRA) PMSD. Sinkronisasi kegiatan tersebut sangat penting karena kegiatan pada program hibah dapat digunakan untuk mempercepat tercapainya capaian indikator yang sudah ditentukan dalam RENSTRA PMSD.

Seluruh kegiatan yang dilakukan oleh PMSD baik kegiatan hibah ataupun kegiatan di luar hibah tak lepas dari implementasi strategi PMSD dalam rangka mewujudkan Visinya yaitu Menjadi lembaga pendidikan tinggi vokasi yang memiliki kekhasan serta keunggulan di bidang teknologi mekatronika yang menghasilkan SDM berkualitas, kompeten, dan berkarakter dalam rangka brand positioning lembaga yang mampu berkompetisi di tingkat internasional pada 2030. Let’s change the world and make it better with mechatronics.