Home
Mekatronika
Teknologi Elektromedis
Teknologi Perancangan Mekanik
Program Studi
Dosen
Karyawan
Mahasiswa
Civitas Akademika
Pelatihan
Desain Proses Otomasi
Manufaktur Komponen
Layanan
Pengumuman
Artikel
Penelitian
Download
Info
Kontak
  
Subscribe to Mekatronika Subscribe
 
BERITA KAMPUS

Rabu, 06 Oktober 2021 01:59:08
Wujudkan Gerakan Revolusi Mental, USD gelar lomba robot tingkat Nasional.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Universitas Sanata Dharma yogyakarta (USD) menjadi salah satu institusi pendidikan tinggi di antara 55 lainnya yang mendapat pendanaan dari Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) RI pada 23 Juni 2021 lalu dalam menyukseskan program Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM).

Salah satu bentuk kegiatan yang dilakukan berupa lomba robot. Kegiatan yang mengusung tema "Get your future with Technology" ini mempunyai tingkatan SMP, SMA/SMK dan Mahasiswa,  yang telah dilaksanakan pada  1 hingga 2 Oktober 2021 kemarin. Adapun kategori lomba tersebut adalah Maze Solving, Transporter, dan  Inovasi Teknologi.

Event lomba robot ini yang juga dikenal dengan MECBOT, merupakan kegiatan tahunan di Fakultas Vokasi Universitas Sanata Dharma. Tujuan diadakan lomba robot ini untuk menunjukkan potensi setiap anak di Indonesia dalam membuat karya, yang menjunjung Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM). Dengan perlombaan ini semoga maksud dan tujuan tercapai demi kemajuan teknologi yang menjunjung tinggi Gerakan Nasional Revolusi Mental. Nilai – nilai Gerakan Revolusi Mental yang diusung dalam tema kali ini adalah integritas, gotong – royong, dan etos kerja.

Event MECBOT tahun ini dilaksanakan secara online menggunakan zoom dan disiarkan dalam streaming youtube Fakultas Vokasi Universitas Sanata Dharma. MECBOT 2021 yang dilaksanakan ini lebih meriah dan penuh antusiasme dari para peserta disaat pandemi covid-19 mulai menurun. Total peserta yang ikut dalam perlombaan ini lebih banyak dari tahun – tahun sebelumnya mencapai 155 tim, setiap timnya terdiri dari minimal 2 anggota dari seluruh indonesia.