Home
Mekatronika
Teknologi Elektromedis
Teknologi Perancangan Mekanik
Program Studi
Dosen
Karyawan
Mahasiswa
Civitas Akademika
Pelatihan
Desain Proses Otomasi
Manufaktur Komponen
Layanan
Pengumuman
Artikel
Penelitian
Download
Info
Kontak
  
Subscribe to Mekatronika Subscribe
 
BERITA KAMPUS

Selasa, 06 September 2022 02:05:08
Fakultas Vokasi gelar Workshop Industri dan Kuliah Tamu Alumni : PT.Giesecke and Devrient(G+D) dan 10X Genomics USA.

Fakultas Vokasi mengadakan workshop dan kuliah tamu rutin untuk mahasiswa prodi Mekatronika dan Teknologi Perancangan Mekanik. Workshop dan kuliah tamu industri dilaksanakan pada hari jumat, 2 september 2022. Acara dibagi menjadi 2 sesi, sesi pertama adalah workshop dari PT.Giesecke and Devrient, dan kedua adalah kuliah tamu dari  10x Genomics USA dengah narasumber Hendricus Marindra yang merupakan alumni dari Mekatronika.

                 Workshop ini merupakan lanjutan kerjasama antara Fakultas Vokasi dan PT.Giesecke and Devrient, yang sebelumnya telah terjalin kerjasama rekrutment dari beberapa alumni Fakultas Vokasi yang bekerja di PT.G+D dan penerimaannya lewat jalur kerjasama. Workshop ini diprioritaskan untuk mahasiswa tingkat 3 (tingkat akhir), supaya mahasiswa mempunyai gambaran di dunia kerja dan mengetahui tentang perkembangan teknologi industri saat ini. Workshop dengan tema “Modernization and Technology in Cash Processing, Something You don’t See Every Day” ini dihadiri oleh Bapak Edik Panjaitan (Head of Customer Service and Solutions), Ibu Imelda Siallagan (HRD Manager), Bapak Diyono Bambang (Service Manager of BCA), dan Bapak Indra Triharsanto (IT and Software Solutions Manager/ alumni angkatan pertama Mekatronika). Bapak Edik menjelaskan bahwa Saat ini, G+D telah mengembangkan bisnisnya antara lain proses pencetakan uang kertas, kartu pintar, sistem identifikasi, dan pembayaran elektronik. Alat yang digunakan sudah mencakup mechatronics (mekanik, elektrik, dan pemrograman), serta menggunakan bermacam-macam sensor. Bapak Indra Triharsanto juga menambahkan bahwa ilmu yang didapat pada saat perkuliahan sangat berguna untuk menunjang kinerja engineer di G+D.

                Sesi kedua adalah kuliah tamu alumni yang diikuti oleh semua mahasiswa prodi Mekatronika dan Teknologi Perancangan Mekanik. Narasumber kuliah tamu adalah Hendricus Marindra, alumni Mekatronika 2005, yang saat ini bekerja di 10xGenomics USA dan menetap di Amerika. Dalam sharingnya Hendricus Marindra menyampaikan kepada mahasiswa tentang perjuangannya menggapai cita-cita sampai akhirnya dapat bekerja di perusahaan Amerika dengan posisi yang hampir mendekati puncak karir tertinggi Engineer di sana. Hendricus Marindra menyampaikan bahwa kunci dari segala kesuksesannya adalah attitude dalam bekerja. Jangan sampai kita menunda-nunda pekerjaan dan lakukan segala pekerjaan dengan serius. Sampai dengan akhir sesi tanya jawab mahasiswa sangat antusias dan tertarik untuk mengetahui suka duka berkarir di perusahaan Amerika. Semoga dengan adanya workshop dan kuliah tamu ini dapat menambah pengetahuan mahasiswa dan acara seperti ini dapat secara rutin dilaksanakan oleh Fakultas Vokasi. LN-VOKASI