Home
Mekatronika
Instrumentasi Medis
Desain Produk Mekatronika
Jurusan
Dosen
Karyawan
Mahasiswa
Civitas Akademika
Pelatihan
Desain Proses Otomasi
Manufaktur Komponen
Layanan
Pengumuman
Artikel
Penelitian
Download
Info
Kontak
MECBOT
  
Subscribe to Mekatronika Subscribe
 
BERITA KAMPUS

Senin, 14 Agustus 2017 08:26:43
Workshop Pembuatan Robot Sederhana dengan Material Daur Ulang untuk Anak–anak

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dalam rangka Festival Kebudayaan Yogyakarta yang ke 29 (FKY29), Politeknik Mekatronika Sanata Dharma, diminta untuk mengisi acara workshop. Workshop direncanakan dan dilaksanakan untuk 3 kali setiap minggu sore, di area taman workshop FKY. Tim PMSD kemudian menindak lanjuti permohonan tersebut sebagai program pengabdian masyarakat, sekaligus sebagai media untuk meperkenalkan Politeknik Mekatronika Sanata Dharma kepada masyarakat.

Workshop dilaksanakan pada tanggal 30 Juli , 6 Agustus , dan 13 Agustus 2017. Tema yang diangkat dalam ketiga workshop tersebut adalah pengenalan mekatronika dalam obyek robot sederhana. Selain robot sederhana sebagai pengenalan mekatronika, juga merupakan pembelajaran kreativitas bagi anak–anak melalui penggunaan barang–barang bekas untuk bermain dan belajar. Melalui kreasi menggunakan barang–barang bekas, anak-anak diharapkan juga lebih punya perhatian terhadap penanggulangan sampah.

Robot sederhana pada workshop pertama adalah  pembuatan robot sikat gigi yang kemudian dilombakan dalam track racing yang tersedia. Setelah robot pembuatan robot sikat gigi, robot kedua yang dibuat adalah robot lompat, yang mempunyai tingkat kerumitan lebih tinggi dibandingkan dengan robot sikat gigi. Pada pembuatan robot lompat, orangtua diminta untuk ikut mendampingi putra putrinya dalam proses pembuatannya. Pendampingan ini ternyata juga menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi orangtua, mereka dengan antusias ikut dalam proses pembuatan robot lompat tersebut.

Robot sederhana pada workshop kedua adalah robot berjalan. Belajar dari pengalaman workshop sebelumnya, tingkat kerumitan pembuatan robot diturunkan karena ternyata dari peserta terbanyak adalah anak sekolah dasar. Mereka begitu antusias dengan workshop tersebut, hal tersebut terbukti dari beberapa peserta ternyata adalah peserta workshop pertama.

Sebagai workshop terakhir pada tanggal 13 Agustus 2017, adalah pembuatan roboboat, robot sederhana berbentuk kapal yang mengapung dan mendayung di atas permukaan air. Setelah proses pembuatan roboboat ini anak- anak dengan bangga membawa karyanya untuk berlomba di kolam besar di arena FKY.

Secara keseluruhan acara, dari peserta banyak yang menunjukkan antusias mereka, dan mengharapkan program tersebut dilanjutkan. Orangtua yang mendampingi juga merasa senang putra–putrinya memiliki kesempatan berkreatifitas, bermain dan belajar bersama Politeknik Mekatronika Sanata Dharma. Let’s change the world and Make It Better With Mechatronics

 

Workshop Pembuatan Robot Sederhana oleh team Politeknik Mekatronika Sanata Dharma dalam rangkaian FKY 29...Robot Kapal Sederhana....Memperkenalkan Mekatronika sejak dini... Terima kasih untuk team Workshop Robot baik Dosen dan Mahasiswa PMSD.