Home
Mekatronika
Teknologi Elektromedis
Teknologi Perancangan Mekanik
Program Studi
Dosen
Karyawan
Mahasiswa
Civitas Akademika
Pelatihan
Desain Proses Otomasi
Manufaktur Komponen
Layanan
Pengumuman
Artikel
Penelitian
Download
Info
Kontak
  
Subscribe to Mekatronika Subscribe
 
BERITA KAMPUS

Rabu, 15 September 2021 07:08:08
Pelatihan Pembuatan Video Sebagai Media Pembelajaran bagi Guru SDK Sengkan dan SD Kalyca, Yogyakarta

Pembelajaran Daring saat ini menjadi pilihan yang terbaik untuk menyelenggarakan proses pembelajaran di sekolah. Kesulitan yang dihadapi oleh guru adalah ketika materi yang disampaikan ke siswa tidak dapat tersampaikan dengan baik.

Sementara di pihak siswa menjadi tergantung kepada situasi dan kondisi orangtua karena materi yang diberikan guru harus diajarkan kembali oleh orangtua siswa. Siswa tidak terbiasa untuk belajar mandiri. Oleh karena itu guru harus mengubah metode penyampaian materinya supaya siswa bisa mempelajari materi secara mandiri.
Materi yang disampaikan dalam bentuk pdf dan word atau slide power point dengan banyak tulisan , menjadi membosankan bagi siswa, sehingga tidak termotivasi untuk belajar. Dari permasalahan tersebut maka Tim Pengabdi Fakultas Vokasi, melaksanakan pelatihan bagi guru – guru untuk membuat video sebagai media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Di pihak guru, penggunaan software editing video terasa merepotkan dan tidak mudah, sehingga tim pengabdi kemudian mengajarkan pembuatan video pembelajaran menggunakan software yang sudah terbiasa digunakan yaitu Power Point.

Pelatihan dilaksanakan tanggal 5-7 Agustus 2021 oleh tim pengabdi fakultas Vokasi, Universitas Sanata Dharma; terdiri dari 11 orang dosen yang berasal dari  tiga prodi yaitu Teknologi Perancangan Mekanik, Mekatronika, dan teknologi elektromedis. Peserta dari dua sekolah yaitu dari SDK Sengkan dan SD Kalyca Montesouri sebanyak 24 orang. Kegiatan pelatihan dilaksanakan secara daring dikarenakan kondisi PPKM.
Dari hasil evaluasi sebelum pelatihan dibandingkan dengan evaluasi setelah mendapatkan pelatihan terlihat hasil bahwa guru menjadi terinspirasi dan termotivasi untuk membuat video pembelajaran yang menarik meskipun hanya menggunakan software standar Microsof office PowerPoint. Beberapa guru bahkan sudah mengupload video pembelajarannya kea kun YouTube mereka. Diharapkan dengan pelatihan ini kelak pembelajaran siswa di sekolah tersebut akan menjadi sebuah pembelajaran yang menarik dan meningkatkan minat siswa untuk belajar dengan menyenangkan. (BB)