Home
Mekatronika
Instrumentasi Medis
Desain Produk Mekatronika
Jurusan
Dosen
Karyawan
Mahasiswa
Civitas Akademika
Pelatihan
Desain Proses Otomasi
Manufaktur Komponen
Layanan
Pengumuman
Artikel
Penelitian
Download
Info
Kontak
MECBOT
  
Subscribe to Mekatronika Subscribe
 
BERITA KAMPUS

Rabu, 12 Juli 2017 00:57:08
Kunjungan SMK WARGA Surakarta ke PMSD

Pada hari Selasa, tanggal 11 Juli 2017 Politeknik Mekatronika Sanata Dharma  Yogyakarta mendapatkan tamu dari SMK Warga Surakarta. Rombongan berjumlah 37 siswa SMK Warga Surakarta jurusan teknik permesinan didampingi 4 orang guru pendamping. Kedatangan tersebut berkenaan dengan program kunjungan industri dan perguruan tinggi dari SMK tersebut. Tujuan berkunjung ke PMSD untuk siswa mereka adalah untuk mengetahui lebih lanjut aplikasi penggunaan software Solidworks yang telah mereka pelajari dalam pembuatan prototype. Di Program studi Desain Produk Mekatronika, aplikasi penggambaran obyek menggunakan solidworks diaplikasikan dalam pembuatan prototyping dengan pencetakan obyek secara 3 dimensi menggunakan 3D printer.

Pada awal kedatangan setelah penyambutan oleh Direktur PMSD, Bapak Eko Aris Budi Cahyonp,S.T., M.Eng, dilanjutkan acara tour Lab, yang bertujuan memperkenalkan fasilitas – fasilitas PMSD, memperkenalkan sarana dan prasarana yang mendukung PMSD memberikan pembelajaran kepada mahasiswa serta menjelaskan proyek – proyek baik proyek penelitian, proyek tugas akhir, berupa alat atau mesin, baik prototype maupun produk jadi, mulai dari perancangan sampai dengan perwujudannya.

Setelah Tourlab, Kaprodi Desain Produk Mekatronika, Ibu Bertha Bintari,S.T., M.T.,Maid  mengajak para siswa mengenal dan memahami pendidikan vokasi, berkaitan dengan KKNI yang ditetapkan oleh kementrian perindustrian untuk pencapaian kompetensi tenaga industri dalam pendidikan vokasional.Sehingga para siswa merasa mantap, termotivasi dan bangga  karena telah memilih jalur pendidikan vokasional yang menyiapkan mereka sebagai tenaga siap bekerja.

Tak lupa Kaprodi DPM memperkenalkan suasana belajar, metode pembelajaran mahasiswa di PMSD yang tidak hanya membekali mahasiswa dengan hard skill tetapi juga soft skill.

Presentasi terakhir adalah tentang prosedur dan metode pembuatan prototype menggunakan 3D printer. Presentasi juga mendemonstrasikan bagaimana proses pembuatan obyek  untuk dicetak secara 3Dimensi dengan printer 3D, sehingga siswa dapat melihat secara langsung proses tersebut. Presentasi  ini disampaikan oleh Bapak Martinus Bagus Wicaksono,S.T.,M.Eng. Acara juga diramaikan dengan beberapa kuis seputar PMSD dan 3D printer yang berhadiah merchandise dari Biro Marketing dan Kerjasama PMSD.

Diakhir acara , setelah penutupan resmi oleh Wakil direktur Bidang akademik, Bapak Bernardinus Sri Widodo,S.T., M.Eng , Para guru pendamping merlanjutkan pertemuan  dengan  Wakil direktur I, Wakil direktur II, kaprodi IM, Kaprodi DPM dan Kaprodi Meka untuk mendiskusikan beberapa kemungkinan melakukan kerjasama dengan PMSD. PMSD menyatakan sangat terbuka dan siap membantu , terutama sebagai sesama institusi yang bergerak dibidang pendidikan untuk berkerjasama memajukan pendidikan vokasional untuk generasi muda. PMSD memiliki pengalaman untuk memberikan pelatihan, baik kepada guru maupun siswa, pengalaman merencanakan fasilitas pembelajaran baik sarana maupun prasana, modul pembelajaran sampai dengan materi pembelajaran yang didukung oleh unit produksi PMSD.

Semoga kunjungan ini akan berlanjut dengan kerjasama selanjutnya, dan semoga menginspirasi institusi – institusi pendidikan maupun industri lain untuk menjalin kerjasama dengan PMSD dimasa yang akan datang. (BB)