Home
Mekatronika
Teknologi Elektromedis
Teknologi Perancangan Mekanik
Program Studi
Dosen
Karyawan
Mahasiswa
Civitas Akademika
Pelatihan
Desain Proses Otomasi
Manufaktur Komponen
Layanan
Pengumuman
Artikel
Penelitian
Download
Info
Kontak
MECBOT
  
Subscribe to Mekatronika Subscribe
 
BERITA KAMPUS

Jumat, 10 Januari 2020 02:36:13
PMSD Sukses Selenggarakan MECBOT 2019

 

Pada hari Minggu tanggal 22 Desember 2019 di Sahid J-Walk Yogyakarta, Politeknik Mekatronika Sanata Dharma (PMSD) Yogyakarta telah sukses menyelenggarakan Robot Competition (MECBOT) 2019. MEBCOT adalah ajang kompetisi robot tahunan yang diselenggarakan oleh PMSD. PMSD menyelenggarakan MECBOT setiap tahun dengan tujuan untuk turut berperan serta dalam mempersiapkan Sumber Daya Manusia dalam menghadapi perkembangan teknologi yang pesat, khususnya dalam bidang robotika. MECBOT juga diselenggarakan dengan tujuan untuk memperkenalkan mekatronika kepada masyarakat luas melalui salah satu produknya yaitu robot. MECBOT 2019 ini mulai dari perencanaan, penyelenggaraan sampai pertanggungjawaban sepenuhnya dilakukan oleh mahasiswa PMSD. Dibutuhkan pengelolaan, kerjasama, dan tanggung jawab yang baik supaya penyelenggaraan MECBOT dapat berjalan dengan sukses. Karena itu, MECBOT ini juga bertujuan untuk memberikan ruang kreasi, kesempatan dan pengalaman bagi mahasiswa PMSD dalam pengembangan hard skill dan soft skill mereka.

Tema Mecbot 2019 kali ini adalah “Berinovasi Membangun Negeri”. Kategori MECBOT 2019 terbagi menjadi 4 (empat) yaitu:

 

1.      Junior Level, khusus pelajar Sekolah Dasar (SD) kelas 1 dan 2

2.      Making Your Line, khusus pelajar Sekolah Dasar (SD)

3.      Give Your Technology, khusus pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP)

4.      Maze Solving Line Follower, khusus pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA)

 

Semenjak penyelenggaraan MECBOT pertama kali pada tahun 2011, jumlah peserta lomba semakin lama semakin meningkat. Mecbot 2019 ini diikuti oleh hampir 100 team dengan total siswa yang mengikuti sekitar 300 siswa dari pelajar SD sampai dengan SMA.  Team-team tersebut berasal dari sekolah-sekolah yang ada di Yogyakarta, Klaten, Surakarta, Muntilan, dan Surabaya.

 

Setelah melalui kompetisi yang sangat meriah, bersemangat, akhirnya diperoleh juara 1, 2 dan 3 untuk masing-masing katgori. Berikut adalah juara untuk masing-masing kategori:

1.       Junior Level

a.       Juara 1, SD PL Muntilan, Team 4

b.      Juara 2, SD Muhamadiyah Prambanan, Team 2

c.       Juara 3, SD Marsudirini, Team 4

2.      Making Your Line

a.       Juara 1, PPA GAT Klaten

b.      Juara 2, SDIT BIAS Tonggalan Klaten

c.       Juara 3, MIM Basin

3.      Give Your Technology

a.       Juara 1, Team  Mechanical

b.      Juara 2, Team Alfabot

c.       Juara 3, Team Babalu

4.      Maze Solving Line Follower

a.       Juara 1, Team Slamet

b.      Juara 2, Team Roboprime

c.       Juara 3, Team Slay Max

Disamping juara 1, 2 dan 3 untuk masing-masing kategori, panitia Mecbot 2019 juga memberikan kriteria juara lain yaitu Kerjasama tim, Kreatifitas terbaik, Strategi terbaik dan Disiplin.

PMSD tidak ingin hanya menjadi penonton yang  melihat pesatnya perkembangan teknologi bidang robotika di Indonesia dan di dunia. PMSD ingin menjadi salah satu pelaku dalam pengembangan generasi muda yang ingin mengembangkan bidang robotika di Indonesia. Mecbot adalah salah satu wujud kerja nyata PMSD dalam memberikan wadah bagi generasi muda untuk mengembangkan teknologi robotika. Let’s Change The World and Make It Better with Mechatronics. (ea)