Home
Mekatronika
Teknologi Elektromedis
Desain Produk Mekatronika
Program Studi
Dosen
Karyawan
Mahasiswa
Civitas Akademika
Pelatihan
Desain Proses Otomasi
Manufaktur Komponen
Layanan
Pengumuman
Artikel
Penelitian
Download
Info
Kontak
MECBOT
  
Subscribe to Mekatronika Subscribe
 
BERITA KAMPUS

Kamis, 25 Januari 2018 06:50:08
Politeknik Mekatronika Sanata Dharma Cetak Tenaga Ahli di Bidang Mekatronika

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Politeknik Mekatronika Sanata Dharma (PMSD) memantapkan diri menghasilkan lulusan tenaga ahli yang siap bekerja.PMSD memilih Mekatronika sebagai bidang yang ditekuni sehingga setiap Program studi yang ada terkait dengan Mekatronika.Adapun tiga program studi D3 yang ada di PMSD yakni Mekatronika, Instrumentasi Medis dan Desain Produk Mekatronika.

Direktur PMSD Eko Aris Budi Cahyono mengajak masyarakat untuk tidak ragu dalam memilih jalur vokasi dalam jenjang pendidikannya. Sejauh ini jalur pendidikan terbagi menjadi tiga yakni vokasi, akademik dan profesi.Menurutnya pendidikan akademik akan menghasilkan periset yang akan mengembangkan keilmuan masing-masing. Pendidikan profesi, sesuai namanya yakni menyasar profesi-profesi khusus.Sedangkan vokasi akan menghasilkan tenaga ahli yang siap untuk bekerja sesuai dengan bidang yang ditekuni.

"Masyarakat perlu memahami bahwa antara pendidikan vokasi dan akademik bukanlah satu lebih baik dari yang lain, tetapi ini merupakan pilihan. Jika ingin jadi periset maka pilihannya akademik jika ingin jadi tenaga ahli yang siap bekerja pilihannya vokasi," ujarnya. Sedangkan trend ke depan, Indonesia akan menjadi negara dengan ekonomi yang kuat dan industri akan berkembang sangat pesat.Untuk itu kebutuhan tenaga ahli yang siap bekerja akan sangat besar.

Dengan hadirnya peralatan yang serba otomatis untuk mengerjakan proses-proses di industri dalam pasar bebas (MEA), maka kebutuhan tenaga kerja di Industri juga telah bergeser.Eko Aris mengatakan, tenaga kerja yang dibutuhkan adalah yang mampu merancang, merakit, mengoperasikan, merawat dan memperbaiki peralatan yang serba otomatis tadi."Jangan sampai, ketika MEA, Indonesia kekurangan tenaga ahli, dan justru tenaga ahli dari luar masuk ke Indonesia. Maka dari itu pendidikan vokasi hadir untuk menjawab tantangan itu," ungkapnya.

PMSD sendiri adalah institusi tersendiri terpisah dari Universitas Sanata Dharma, namun masih di bawah yayasan yang sama.PMSD telah merancang sistem pendidikan sedemikian rupa sehingga mampu menghasilkan manusia yang tidak hanya kompeten tetapi juga berkarakter unggul.Adapun tiga program studi yang dimiliki PMSD yakni Mekatronika, Instrumentasi Medis, dan Desain Produk Mekatronika.

Direktur PMSD menjelaskan, Program studi Mekatronika menghasilkan tenaga ahli yang mampu merawat, memperbaiki dan memodifikasi untuk mengoptimalkan kinerja dari peralatan-peralatan otomatis yang ada di industri terutama industri manufaktur.Yang kedua adalah Instrumentasi Medis di mana menghasilkan tenaga ahli yang mampu merawat, memperbaiki dan memodifikasi peralatan mekatronika yang diaplikasikan di dunia kesehatan.

Terakhir adalah Desain Produk Mekatronika untuk menghasilkan tenaga ahli yang mampu merancang peralatan mekatronika yang diaplikasikan di dunia industri baik manufaktur ataupun kesehatan.

"Program Studi yang ada saat ini semuanya adalah program D3. Kami mencetak tenaga ahli yang nanti akan siap untuk bekerja, dan melakukan inovasi-inovasi," tandasnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

 

http://jogja.tribunnews.com/2018/01/14/politeknik-mekatronika-sanata-dharma-cetak-tenaga-ahli-di-bidang-mekatronika