Home
Mekatronika
Teknologi Elektromedis
Desain Produk Mekatronika
Program Studi
Dosen
Karyawan
Mahasiswa
Civitas Akademika
Pelatihan
Desain Proses Otomasi
Manufaktur Komponen
Layanan
Pengumuman
Artikel
Penelitian
Download
Info
Kontak
MECBOT
  
Subscribe to Mekatronika Subscribe
 
PROFIL DOSEN

Bernardinus Sri Widodo, S.T., M.Eng.

Dosen Teknologi Elektromedis
Alamat Paingan Moguwoharjo Depok Sleman Yogyakarta  
Email bernard@pmsd.ac.id  
Website/blog https://bsriwidodo.wordpress.com/ 
Pendidikan (S1) Teknik Elektro, UGM Yogyakarta.
(S2) Teknik Biomedik, UGM Yogyakarta 
Karya Ilmiah :

Karya ilmiah pertama, “Aplikasi Wavelet untuk Penghilangan Derau Isyarat Elektrokardiograf” dipublikasi pada Jurnal Buana Informatika, Universitas Atmajaya Yogyakarta  ISSN 2087-2534 Vol 2 No. 2, tahun 2011

Makna dan kegunaan pertama,  pada pemeriksaan penderita ganguan jantung, elektrocardiograf merupakan piranti dasar yang digunakan untuk mengetahui kondisi fisiologi jantung. Permasalahan klasik pada alat medis elektrokardiograf atau EKG adalah munculnya derau-derau pada saat pengambilan data (pengukuran) . Derau derau ini akan mempengaruhi keakuratan dari pengukuran tersebut. Disisi lain wavelet merupakan salah satu teknik komputasi yang mempunyai kemampuan analisis baik dari kawasan waktu dan kawasan frekuensi, salah satu keunggulan tersebut dapat dimanfaatkan untuk pembersihan derau.

Nilai Inovatif  pertama,  menerapkan dan menguji kemampuan dan teknik teknik penghilangan derau menggunakan wavelet untuk menghasilkan isyarat EKG yang bersih dan akurat sehingga tenaga medis dapat memeriksa dan menganalisa kondisi jantung pasien secara lebih akurat.

Karya ilmiah kedua, Aplikasi Tranformasi Hilbert untuk Deteksi Sampul (Envelope Detection) pada Suara Jantung, diseminarkan dan dipublikasikan dalam Prosiding Konferensi Nasional ICT-M, ISSN 2088-8252, Politeknik Telkom Bandung tahun 2011

Makna dan kegunaan kedua, Sampai saat ini tenaga medis menggunakan stetoskop sebagai piranti dasar yang digunakan untuk menganalisa kondisi jantung dari sisi suara yang ditimbulkannya,  secara langsung tenaga medis melakukan pengukuran dengen mendengarkan secara langsung menggunakan telinga serta langsung menganalisa dan memberikan diagnosa.  Dengan cara ini ketelitian dan pengalaman tenaga medis tersebut tentu sangat dibutuhkan. Sementara disisi lain terdapat  teori komputasi yaitu transformasi hilbert yang memungkinkan untuk digunakan sebagai pendeteksi sampul suatu isyarat, dengan deteksi sampul ini maka pola dari suara jantung akan dapat dikenali bentuknya. Didalam dunia medis suara-suara jantung tersebut telah dikasisfikasikan berdasarkan pola-pola untuk mengetahui kondisi dari jantung pasien. Pada penelitian baru sampai pada tahap pengenalan pola yang selanjutnya diharapkan dapat membantu tenaga medis dalam menganalisa kondisi jatung pasien secara lebih akurat karena tidak hanya mengandalkan idera pendengaran tetapi bisa dilihat secara visual.

Nilai Inovatif  kedua, adalah usaha-usaha untuk menangkap/memahami permasalah-permaslah dalam dunia medis untuk diteliti dan dicari kemungkinan-kemungkinan penyelesaiaan secra akademis  baik menggunakan literatur teknik (komputer, komputasi dan pengolahan isyarat) juga dengan merujuk ilmu kesehatan khususnya literatur tentang penyakit dan kelainan jantung. Teknik analisis  bentuk atau pola-pola suara jantung melalui suara ini sementara baru sampai pada alat pencetak  yaitu phonokardiograf, alat yang mampu mendeteksi pola-pola tersebut sejauh yang saya ketahui belum ada atau belum dipakai di Indonesia.

 

Karya ilmiah ketiga, Pengolahan Isyarat Jantung berbasis Wavelet untuk Deteksi Kelainan Infark Menggunakan Metode High Speed QRS Detection. SIGMA Jurnal Sains dan Teknologi, Fakutas Sains dan Teknologi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  ISSN 1410-5888, Vol. 13, No. 1, tahun 2010

Makna dan kegunaan ketiga, Infark merupakan salah satu penyakit atau kelainan fiologis dari jantung, penelitian ini bertujuan untuk mendeteksi apakah suatu isyarat EKG terdapat ciri-ciri khas dari infrak yaitu adanya gelombang Q yang dalam  R yang tinggi dan adanya elevasi segment ST. Aplikasi ini akan membantu tenaga medis untuk lebih cepat menemukan tanda-tanda infark tersebut.

 Nilai Inovatif  ketiga, dengan menggabungkan literatur dunia medis dan dunia teknik khususnya pengolahan isyarat dan pemrograman memungkin untuk dilakukan deteksi-deteksi berbagai kelainan penyakit  jantung.  Dengan mengembangkan literatur dan komunikasi dengan pakar didunia kedokteran maka sangat dimungkinkan untuk ditemukan teknik-teknik untuk mendeteksi kelainan jantung yang lain.

 

Deteksi Derau Isyarat EKG dengan Metode Analisa Jumlah Gelombang

“Deteksi Derau Isyarat EKG dengan Metode Analisa Jumlah Gelombang” pada Prosiding Seminar Nasional, Fakutas Sains dan Teknologi Universitas Sanata Dharma Yogyakar